Kamis, 19 Mei 2022
spot_img
BerandaSrikandiHelen Adelin Halawa, "Kejutan Esok Hari Dimulai Hari Ini "

Helen Adelin Halawa, “Kejutan Esok Hari Dimulai Hari Ini “

Rutinitas kerja kantoran sering menjadi momok menjemukan bagi para pekerja. Tapi tidak demikian bagi Helen Adelin Halawa. Sekretaris Kakanwil Sumut ini justru merasa sebaliknya.

“Pekerjaan saat ini sangat sesuai dengan keinginan saya, karena bisa mengeksplor banyak hal. Banyak sekali yang bisa dipelajari dan dikerjakan,” tutur Helen kepada Zona Integritas, beberapa waktu lalu.

Menurut dara kelahiran Gunungsitoli, 17 Juni 1996 ini, beragam pekerjaan yang berhubungan dengan masyarakat bisa dilakukan pegawai Kemenkumham, seperti mengurus masalah status kewarganegaraan dan izin keluar masuk WNA, atau mengurus perizinan pembuatan merek suatu brand perusahaan.

“Bahkan kita juga berhubungan dengan masyarakat yang sedang menjalani masa pidananya dan juga mengedukasi dan memberikan pemahaman untuk tidak kembali berbuat tindakan yang melanggar hukum. Keren bangetlah kementerian ini. Paket lengkap semuanya ada,” ujarnya.

Namun momen kebahagiaan bagi penggemar Tasya Kamila ini sesungguhnya terjadi saat even Sail Nias yang digelar pada September 2019 silam. Di momen itu Helen merasa sangat senang, karena bisa bertemu dengan para pimpinan dan orang-orang hebat.

“Rasanya senang sekali bisa bicara langsung dengan mereka yang tidak pelit berbagi pengalaman dan ilmu. Sampai sekarang, saya jadikan masukan dari mereka sebagai motivasi untuk lebih baik dan ikhlas dalam bekerja,” ujarnya.

Ragam pekerjaan yang sangat banyak, ditambah lingkungan pekerjaan yang menyenangkan membuat Helen merasa betah. Dia mengaku tidak merasa jenuh lantaran dalam seminggu ada 2 hari libur, setiap Sabtu dan Minggu. Di dua hari itu, Helen mengganti waktunya yang hilang ketika bekerja dengan cara berkumpul bersama keluarga.

“Jadi dua hari itu sangat cukup untuk berbagi dengan keluarga,” kata penyuka ikan goreng sambal buatan mama, daging rendang dan ayam kecap ini.

Waktu senggang juga dia habiskan untuk menonton film komedi dan aksi, mendengarkan musik jazz dan instrumental, serta membaca komik, sesekali dia juga berenang.

Soal komik ada alasan tersendiri kenapa dia suka. “Ketika membaca, saya suka membawa diri saya menjadi tokoh dalam cerita tersebut dan berimajinasi menjadi seperti itu,” akunya.

Dari Lapas Kelas III Telukdalam

Karir Helen dimulai pada tahun 2017 di Lapas Kelas III Telukdalam. Selama kurang lebih 2 tahun kerja, selanjutnya diberi tugas untuk membantu kegiatan kerja di Kanwil Kemenkumham SUMUT sejak Oktober 2019, hingga akhirnya menjadi Sekretaris Kakanwil Sumut.

Sebagai sekretaris, tugas utamanya adalah:

  • Memastikan jadwal Kakanwil.
  • Memastikan tamu yang akan bertemu dengan Kakanwil.
  • Memastikan kenyamanan kerja Kakanwil.
  • Membantu menyiapkan setiap kebutuhan kerja Kakanwil, terutama dalam hal surat menyurat.

Menjalani kehidupan dengan ikhlas mendorong Helen untuk selalu berusaha bekerja dengan baik. Dia percaya bahwa semua yang dikerjakan hari ini akan memberikan kejutan luar biasa suatu hari nanti.

“Hidup terlalu singkat untuk menakuti hal yang belum tentu terjadi besok, jadi berbuat yang terbaik saja di hari ini, dan selanjutnya harus lebih baik. Saya percaya semua hal itu merupakan sebuah proses yang akan memberikan kejutan terbaik bagi kita pada suatu hari nanti,” tandasnya. (EKA)

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU