Sabtu, 4 Februari 2023
spot_img
BerandaSrikandiCitra Sri Aryaningrum Zai, Selalu Bersyukur Bisa Membawa Manfaat Bagi Sesama

Citra Sri Aryaningrum Zai, Selalu Bersyukur Bisa Membawa Manfaat Bagi Sesama

MASA muda boleh jadi masa yang paling membahagiakan. Berbagai kesempatan dan peluang terbuka di depan mata saat usia muda. Momen ini untuk mengasah sekaligus mengembangkan diri secara optimal. Selain itu, usia muda juga cenderung memiliki semangat juang yang tinggi dalam meraih cita-cita.

Hal itu juga yang kini tengah dirasakan oleh Citra Sri Aryaningrum Zai. Dara kelahiran Pekanbaru, 31 Juli 1999 ini tengah asik meniti karirnya sebagai abdi negara di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Pekanbaru. Citra begitu ia akrab disapa sangat menikmati profesinya yang ia emban saat ini yakni menjadi penjaga tahanan di Lapas Perempuan Kelas IIA Pekanbaru.

Meski demikian, pencapaian sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut ternyata tidak digapai Citra dengan mudah. Berbagai rintangan telah ia lalui sebelumnya untuk berada di posisi ini. Setelah menamatkan pendidikan Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri 1 Pekanbaru pada tahun 2017, Citra melanjutkan jenjang perkuliahan di Universitas Riau, Fakultas Hukum melalui jalur SNMPTN. Selain menuntut ilmu, di jenjang SMA dirinya juga mengisi waktu dengan berbagai kegiatan bermanfaat. Salah satunya adalah ekstrakurikuler Pasus yang digelutinya membawa Citra menjadi seorang anggota Paskibraka Kota Pekanbaru pada tahun 2016.

“Pengalaman menjadi anggota Paskibraka inilah yang membuat Citra lebih memiliki rasa cinta tanah air dan nasionalisme tinggi, kedisiplinan dan kekompakan pun dibentuk disini. Keingnginan untuk mengabdi pada Negara semakin kuat sebagai wujud cinta pada tanah air. Saya tidak ingin hanya menjadi komentator pada birokrasi tetapi justru sebagai agen perubahan agar lebih baik dari sebelumnya, ujarnya.

Pada pertengahan 2017, Citra mengikuti seleksi CPNS untuk formasi penjaga tahanan di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Berbekal persiapan yang matang, akhirnya ia berhasil lolos menjadi tiga besar se-Provinsi Riau dan lulus menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2017 penempatan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Pekanbaru.

Saya tidak menyangka benar-benar kerja di penjara wanita. Pertama kalinya, pasti kaget dan campur aduk. Sebenarnya tidak seburuk pemikiran orang awam, hanya saja namanya manusiawi bayangkan saja perasaan apa ketika kita berada di tengah-tengah pelaku kriminal. Namun sekarang sudah lebih terbiasa, selorohnya soal impresi pertama saat bekerja.

Namun Citra menyadari menjadi petugas penjaga tahanan sungguh profesi yang sangat mulia karena merupakan pelayanan sosial. Setiap harinya Citra berhadapan dengan orang yang bermasalah dengan hukum, membina dan memotivasi WBP agar dapat kembali ke lingkungan masyarakat. Lebih lanjut lagi, mengingat perjuangan untuk mendapatkan posisi ini tidak mudah, akhirnya Citra berusaha beradaptasi di lingkungan kerja yang akan jadi tempat Citra sehari-hari. Banyak pengalaman yang didapatkan ketika bekerja sebagai penjaga tahanan. Tidak hanya bertugas menjaga, ia juga berperan sebagai pendengar dan memberikan support kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ingin kembali dengan baik kepada masyarakat. Pengalaman ini menurutnya membawa kepuasan dan rasa bahagia tersendiri.

“Mendengarkan kisah mereka, memberikan pembinaan dan mengarahkan mereka itu rasanya sangat menyenangkan. Senang rasanya menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Intinya, apapun yang kita lakukan disana semua sudah berdasarkan peraturan pasti aman aman saja.

Selain tupoksi sebagai penjaga tahanan, Citra aktif meningkatkan kemampuannya dengan bergabung menjadi Tim Kehumasan di Lapas Perempuan Kelas IIA Pekanbaru. Ia juga diberi kesempatan mengikuti kegiatan Pemilihan Bujang dan Dara Kota Pekanbaru Tahun 2020 dan terpilih sebagai Dara Favorit Kota Pekanbaru tahun 2020.

Segudang aktifitas dan kesibukannya tersebut dia jalani dengan senang hati. Menurut Citra, aktualisasi diri merupakan puncak kematangan dan kedewasaan seseorang saat mampu memanfaatkan potensi sekaligus mengetahui batasan dan kekurangan yang dimiliki. Semua orang, laki-laki ataupun perempuan berhak berkarya dan mencapai karir yang baik. Terlebih, kedua orang tua, adik-adik serta keluarga Citra mendukung penuh pengabdiannya saat ini.

Saya bersyukur keluarga selalu memberikan doa yang baik agar setiap langkah untuk mengabdi dan memberikan pelayanan sebagai ASN diberi keberkahan dan kemudahan dari Allah SWT. Bagi saya, Perempuan Hebat pasti bertindak dengan tepat, Perempuan hebat pasti selalu mempunyai tempat, tandasnya. (Angelina)

spot_img
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU