Kamis, 19 Mei 2022
spot_img
BerandaBeritaSemangat Baru Lapas Pangururan Wujudkan Program dan Inovasi Unggulan

Semangat Baru Lapas Pangururan Wujudkan Program dan Inovasi Unggulan

Samosir-Lapas Kelas III Pangururan menggalakkan semangat baru melalui berbagai program dan inovasi unggulan. Hal itu bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat meskipun dengan sarana dan prasarana yang tidak memadai.

Beberapa inovasi yang menjadi program unggulan hasil buah pemikiran Kalapas Julius Barus dan Kasubsi Pembinaan David Simanullang, yaitu di bidang kesehatan dan keterampilan.

Belum lama ini, diresmikan secara serentak Klinik Pratama Gratis Lapas Kelas III Pangururan, LikS Kreatif dan LikS Bakery. Dalam peresmiannya turut mengundang pimpinan, organisasi dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Kabupaten Samosir.

“Selain untuk warga binaan, Klinik Gratis Lapas Kelas III Pangururan Kanwil Kemenkumham Sumut ini juga untuk memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitar Lapas. Hal ini bentuk kontribusi diberbagai bidang tak terkecuali bidang kesehatan,” kata Julius Barus sembari mengatakan, Klinik Lapas Kelas III Pangururan telah mendapatkan izin operasional sehingga bisa maksimal dalam melaksanakan pelayanan.

Sedangkan LikS sendiri adalah singkatan dari Lapas Indah Kepingan Surga yang sesuai dengan letak Lapas Pangururan yang berada di Kabupaten Samosir sebagai Negeri Indah Kepingan Surga.

LikS Kreatif adalah inovasi dibidang keterampilan yang menjadi basis produksi hasil karya warga binaan Lapas Pangururan.

“Pada rumah produksi ini dapat kita jumpai produksi miniatur rumah adat batak berbahan bambu, berbagai jenis hiasan berbahan dasar batok kelapa bekas dan anyaman tikar dan tas berbahan tali sintetis yang memiliki daya tahan lama. Seluruh hasil kegiatan kerja ini ditampilkan di Galeri LikS Kreatif,” ungkapnya.

Sejumlah hasil karya warga binaan Lapas Kelas III Pangururan, Samosir.

Pada produksi ini bisa dijumpai proses pembuatan miniatur rumah adat berbahan bambu dan atapnya dibalut dengan ijuk asli melalui sentuhan tangan-tangan terampil dari warga binaan, dan mengajak masyarakat dan pelaku UMKM apabila berkeinginan untuk membeli miniatur rumah adat batak dengan corak gorga dan ukuran untuk datang ke lapas pangururan dengan harga yang tentunya bersahabat dan kualitasnya dijamin baik serta memuaskan.

“Pada Rumah Produksi Miniatur Batok kelapa yang melalui LikS Kreatif disini dapat kita jumpai berbagai macam aneka hasil kerajinan tangan yang menarik, diantara lain miniatur kapal motor, ikan, kura-kura, bunga, penyu dan miniatur vespa, harley davidson yang seluruhnya terbuat dari bahan batok kelapa dan bahan seadanya. Dari rumah produksi ini lahir karya-karya terbaik yang mendatangkan rupiah melalui sentuhan tangan-tangan terampil dari warga binaan.

Selain kedua kerajinan tersebut juga dilakukan produksi anyaman berbahan tali sintetis di rumah produksi LikS Kreatif yang dapat dijumpai pembuatan tikar yang langsung dikerjakan melalui sentuhan tangan-tangan terampil dari warga binaan yang telah menghasilkan berbagai jenis hasil anyaman tali sintetis berupa tas, keranjang dan tikar dengan berbagai ukuran, corak dan warna.

LikS Bakery (Lapas Indah Kepingan Surga Bekery) Lapas Kelas III Pangururan diresmikan sebagai tindak lanjut atas keterampilan pembuatan kue dan roti yang diperoleh oleh para warga binaan melalui pelatihan yang dilakukan Lapas Pangururan dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Samosir agar ilmu yang diperoleh para warga binaan semakin berkembang.

“Pembuatan Kue dan Roti pada LikS Bakery ini ini tentunya telah melalui standar yang ditentukan seperti bahan, higienitas dan kualitas. Terbukti dengan dibukanya LikS Bakry telah mendapatkan pesanan dari berbagai pihak,” ungkapnya. (Sal)

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU