Jumat, 17 Mei 2024
spot_img
spot_img
BerandaBeritaRevolusi Pemasyarakatan, Divisi PAS Kanwil Kemenkumham Sumut Terinspirasi dari Konsep Smart Prison...

Revolusi Pemasyarakatan, Divisi PAS Kanwil Kemenkumham Sumut Terinspirasi dari Konsep Smart Prison Super Maximum Security

spot_img

Nusakambangan-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara (Kanwil Kemenkumham Sumut) Mhd. Jahari Sitepu didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Rudy F. Sianturi beserta perwakilan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan rombongan melakukan lanjutan lawatan di UPT Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar dengan kategori super maximum security pada Rabu (6/12/2023).

Hadirnya rombongan Pemasyarakatan Kanwil Kumham Sumut langsung disambut oleh Hisam Wibowo selaku Kepala Lapas.

Dalam studi tiru tersebut Hisam menyampaikan bahwa seluruh Lapas yang ada di Kawasan Nusakambangan sudah dilengkapi teknologi tinggi, namun hal itu tidak dapat berjalan 100% tanpa adanya team work yang solid dan integritas yang tinggi dalam bekerja. Kalapas itu pun tidak segan – segan dalam menjatuhkan hukuman disiplin bagi pegawai yang mencoreng kedisiplinan dalam bekerja.

Lawatan kali ini mengupas tuntas hal smart prison, konsep ini menggabungkan Sistem Database Pemasyarakatan dengan teknologi smart CCTV sehingga dapat meningkatkan objektifitas penilaian pembinaan terhadap warga binaan pemasyarakatan sekaligus meningkatkan keamanan pada Lapas/Rutan. Konsep yang berbeda ini tentu menambah pengalaman dan pembelajaran yang baru sehingga antusiasme dan semangat romobongan dalam hal bertukar informasi dan pengetahuan dunia pemasyarakatan semakin menarik.

“Tentunya dengan studi tiru ini membuka cakrawala kita dalam menerapkan sitem pemasyarakatan yang lebih baik lagi dengan tetap mengimplementasikan tiga kunci dan back to basic untuk mencapai pemasyarakatan yang semakin maju dan PASTI,” kata salah seorang Kakanwil Unit Wilayah di bawah kepemimpinan Menkumham Yasonna Laoly dalam wawancara sederhana oleh Tim Humas Kanwil Sumut.

Kegiatan dilanjutkan dengan wisata sejarah di sekitar Kawasan Nusakambangan dimana sejarah pembangunan Lembaga Pemasyarakatan bermula. (Sal) 

spot_img
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU