Rabu, 1 Mei 2024
spot_img
spot_img
BerandaBeritaBPBD Halmahera Utara Laporkan Puluhan Banggunan Rusak Akibat Gempa Bumi

BPBD Halmahera Utara Laporkan Puluhan Banggunan Rusak Akibat Gempa Bumi

spot_img

Halmahera Utara-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halmahera Utara melaporkan gempa bumi berkekuatan magnitude (M) 5,5 mengguncang Kabupaten Halmahera Utara, Senin (10/1/2022) pagi. Dampak gempa bumi berujung dua warga luka-luka dan puluhan bangunan rumah rusak.

BPBD Halmahera Utara memerinci, sebanyak 34 rumah rusak ringan, 18 rumah rusak sedang, dan 5 rumah rusak berat. Selain itu, sebanyak 3 rumah ibadah rusak ringan dan 1 kantor Desa Kusuri rusak ringan.

Ada dua kecamatan yang mengalami dampak gempa yakni Kecamatan Tobelo Barat dan Kao Barat tepatnya Desa Kusuri, Wangongira, Soamaetek, Pitago dan Kai.

Sebelumnya, masyarakat sempat panik dan keluar rumah saat gempa berkekuatan 5,5 M selama 4-6 detik tersebut. Gempa yang berpusat 5 km barat daya Halmahera Utara dengan kedalaman 10 km ini tidak berpotensi tsunami.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga menghadapi potensi bahaya gempa bumi.

“Masyarakat dapat mengikuti perkembangan informasi kegempaan melalui BMKG dan portal InaRisk. Untuk mengetahui potensi risiko bencana yang ada disekitar tempat tinggal,” katanya.

Sedangkan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, aktivitas gempa Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara sudah terjadi lebih dari 61 kali sejak 8-10 Januari 2022 dalam berbagai magnitudo dan kedalaman.

“Jika melihat pola aktivitasnya, gempa Halmahera Utara ini dapat mengarah kepada aktivitas swarm,” kata Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam pesan singkatnya, Senin (10/1/2022).

Gempa swarm adalah serangkaian aktivitas gempa dengan magnitudo relatif kecil. Namun, frekuensi kejadiannya sangat tinggi, berlangsung dalam waktu yang relatif lama wilayah sangat lokal.

Dalam dua hari terakhir, tercatat terjadi empat kali gempa signifikan di Halmahera Utara. Yaitu pada Sabtu (8/1/2022) dengan magnitudo 5,1. Lalu pada Minggu (9/1/2022) dengan magnitudo 4,5.

Kemudian terjadi dua kali dengan magnitudo 5,2 pukul 4:27 WIB dan magnitudo 5,4 pada Senin (10/1/2022) pukul 4:59 WIB.(Mursal)

spot_img
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU