Kamis, 19 Mei 2022
spot_img
BerandaBeritaBapas Kelas I Medan Luncurkan 11 Inovasi Pelayanan

Bapas Kelas I Medan Luncurkan 11 Inovasi Pelayanan

Medan-Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Medan meluncurkan 11 inovasi pelayanan, Selasa (10/5/2022).

Ke-11 inovasi itu di antaranya, Litmas Delivery, Pimbol Posbas (Pengakhiran Bimbingan Online Pos Bapas), PESAN (Podcast Teman Bapas Kelas I Medan), Vilaba (Video Pelayanan Bapas Medan), Orlan (Form Penilai pegawai Bapas Medan), Slip Gaji Online, Litmas Sadari, Pentas (Pengawasan Litmas Bapas), Sapa Klien, Kamtisi (Kampanye Anti Gratifikasi dan Qupaz (Quiz Bapas).

“11 inovasi baru yang kami luncurkan tujuannya untuk meningkatkan pelayanan Bapas Kelas I Medan,” ujar Kepala Bapas Kelas I Medan, Agustinawati Nainggolan.

Kesebelas inovasi ini diluncurkan dalam rangka mendorong efektivitas pelayanan dan memberikan kemudahan. Tidak hanya terhadap klien, masyarakat dan stakeholder terkait, tetapi juga terhadap jajaran pegawai di Bapas Kelas I Medan sendiri. Kesebelas inovasi tersebut kemudian dipaparkan oleh Ketua Tim Inovasi Bapas Medan, Samuel Panjaitan.

Hadirnya inovasi tersebut diapresiasi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Imam Suyudi.

“Ini adalah upaya yang baik dalam rangka mempermudah dan mempersingkat pelayanan. Jangan diartikan inovasi itu rumit dan hanya berbentuk IT saja. Saya yakin tim inovasi telah melalui proses identifikasi masalah dan mitigasi resiko sehingga dilakukan upaya pemecahan masalah dengan melahirkan sebelas inovasi ini,” ucap Imam Suyudi.

Lebih lanjut, Kepala Kantor Wilayah berharap langkah ini dapat memotivasi seluruh jajaran, baik Unit Pelaksana Teknis lain dan jajaran pegawai Bapas Kelas I Medan. Ia juga mendorong agar evaluasi dan pelaporan dapat terus dilakukan secara berkala.

“Apapun yang dilaunching saat ini tidak akan ada artinya apa-apa apabila tidak dilaksanakan. Harus ada evaluasi dan monitoring serta pelaporan. Tanpa evaluasi, monitoring dan pelaporan, sama saja bohong,” tegas Imam Suyudi.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Erwedi Supriyatno; Kepala Divisi Administrasi, Rudi Hartono; Kepala Divisi Keimigrasian, Ignatius Purwanto, beberapa kepala UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumut, Kapolsek Medan Helvetia, Wakapolsek Medan Sunggal serta jajaran pegawai Bapas Medan turut menyaksikan peluncuran inovasi baru tersebut bertempat di halaman kantor Bapas Kelas I Medan.

Peluncuran inovasi tersebut ditandai dengan berbunyinya bel yang ditekan bersama-sama oleh Kepala Kantor Wilayah didampingi oleh para Kepala Divisi dan Kepala Bapas Medan. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan gunting pita peresmian ruangan kesekretariatan WBK/WBBM Bapas Medan. (Sal)

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU