Kamis, 8 Desember 2022
spot_img
BerandaSosokKetut Akbar Herry Achjar, Pimpin Lapas Kelas IIA Mataram dengan Kekuatan Silahturahmi

Ketut Akbar Herry Achjar, Pimpin Lapas Kelas IIA Mataram dengan Kekuatan Silahturahmi

DARI semua hal positif seorang leader, ada satu attitude dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin sejati, yaitu “Ramah”. Sikap ramah ini sangat bermanfaat membangun komunikasi yang baik untuk menyamakan visi dan misi guna mencapai target. Selain itu sikap ramah pimpinan membuat tim atau bawahan merasa diterima dengan baik dan timbul rasa yang nyaman. Dari situlah terbuka komunikasi untuk mendapatkan banyak insight dan ide sehingga tim akan menjadi lebih solid.

Hal demikian juga yang dijadikan Ketut Akbar Herry Achjar A.Md.I.P., S.H., M.H dalam memimpin dan membawahi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Mataram. Akbar, begitu ia akrab disapa, dikenal sebagai sosok yang hangat dan bersahabat. Hal ini tercermin dari relasi kepada rekan kerja ataupun bawahan yang ia jalin dalam keseharian bertugas.

Sebagai Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Mataram, Akbar bertanggung jawab menciptakan Lapas yang bersih dari narkoba (Bersinar) melalui kinerja petugas yang profesional, akuntabel, sinergi, transparan, inovatif dan petugas yang berakhlak (PASTI) untuk mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Sebelumnya, pria kelahiran Banyuwangi, 17 September 1973 ini menempuh pendidikan Ilmu Hukum di Universitas Mataram dengan gelar Pasca Sarjana. Dirinya bertutur, salah satu alasannya memutuskan menjadi abdi negara di bidang pemasyarakatan adalah kedua orang tua yang juga berprofesi sebagai Pegawai Sipil Negara (PNS).

Selain itu, ia mengaku ada kepuasan dalam diri untuk bisa melayani negara dan masyarakat. Di sisi lain, jaminan pekerjaan sebagai abdi negara menurutnya mampu memberinya ketenangan. Berlandasakan hal tersebut, Akbar pun berhasil menorehkan kinerja cemerlang bagi Lapas Kelas IIA Mataram.

Ketut Akbar Herry Achjar bersama keluarga.

“Saya terlahir dari keluarga PNS, kedua orang tua saya merupakan PNS yang sangat saya kagumi. Istri saya PNS pada Kantor Wilayah Kemenkumham NTB, bahkan salah satu anak saya juga menjadi PNS. Saya bangga bisa menjadi PNS. Pengalaman saya yang paling berkesan adalah dapat mewujudkan Lapas Mataram meraih predikat WBK pada Tahun 2021,” ujar Akbar.

Meski demikian bukan berarti kesehariannya dalam bekerja mulus tanpa kendala. Menurutnya tantangan terbesar sebagai insan pemasyarakatan adalah kurangnya fasilitas (sarana dan prasarana) pendukung dalam pelaksanaan kegiatan.

Walaupun adanya keterbatasan sarana dan prasarana, Akbar berupaya memaksimalkan pekerjaan dan manajemen SDM yang ada sehingga kurangnya keterbatasan sarana dan prasarana yang ada dapat tertutupi. Selain itu, ia juga melakukan pembagian tugas dan pengawasan terhadap pegawai.

“Saya tetap mengajukan usulan sarana dan prasarana guna menunjang pelaksanaan pekerjaan. Saya juga berusaha menciptakan suasana yang ceria dan membangun kekompakan antar petugas Lapas Kelas IIA Mataram. Prinsip yang saya emban dalam menjalankan tugas yakni kekuatan silaturahmi dan sinergi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,” tuturnya.

Silahturahmi tersebut diimplikasikan Akbar melalui hobi menarik yang dilakukannya bersama rekan kerja yaitu touring dan memancing. Selain mempererat silaturahmi, kegemarannya tersebut ternyata membawa keakraban, kekompakan serta dapat memperbanyak teman.
Tidak hanya pada rekan kerja, relasi yang hangat juga senantiasa dijalin Akbar dengan keluarga. Sebagai support system utama, keluarga merupakan motivasi terbesar Akbar untuk menjalani profesinya sebagai abdi negara.

“Motto saya adalah ‘Membangun Kekuatan Silaturahmi Sebanyak Mungkin. Itulah sebabnya saya gemar melakukan aktivitas yang menciptakan suasana ceria sekaligus melepas penat baik dengan petugas, WBP ataupun keluarga. Sejauh ini, saya mengatur waktu sebaik mungkin antara pekerjaan dan keluarga yakni dengan memaksimalkan penyelesaian tugas dengan cepat dan tuntas sehingga memiliki waktu kumpul bersama keluarga, paparnya. (Jack)

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU