Selasa, 27 Februari 2024
spot_img
spot_img
BerandaBeritaKakanwil Kemenkumham Sumut Dilantik Jadi Ketua MPWN

Kakanwil Kemenkumham Sumut Dilantik Jadi Ketua MPWN

spot_img

Badung-Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Cahyo R. Muzhar melantik Kakanwil Kemenkumham Sumut, Mhd. Jahari Sitepu sebagai Ketua Majelis Pengawas Wilayah Notaris (MPWN) Sumatera Utara, di Hotel Grand Hyatt, Badung, Bali, Rabu (29/11/2023).

Pelantikan itu seiring bergantinya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara (Kakanwil Kemenkumham Sumut) beberapa waktu lalu.

Pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pengganti Antar Waktu Majelis Pengawas Notaris Wilayah Periode 2021-2024 dan Pengganti Antar Waktu Majelis Kehormatan Wilayah Periode 2022-2025 ini, Dirjen AHU melantik sebanyak 31 orang yang terdiri dari 16 Kakanwil dan 15 Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM.

Dalam sambutannya, Cahyo mengucapkan selamat bagi para pejabat yang dilantik. Tugas kedepannya akan semakin berat. Hampir 60% tugas Ditjen AHU berkaitan dengan Notaris dan turunannya. Notaris dalam melaksanakan tugasnya wajib untuk menjalankan jabatannya dengan nyata  berintegritas dan profesional. Saat ini Indonesia telah tergabung dalam Financial Action Task Force (FATF), sesuai dengan arahan presiden ciptakan iklim yang kondusif sehingga para investor asing tertarik untuk menginvestasikan uangnya di Indonesia.

“Saat ini Pemerintah telah berupaya untuk merampungkan Undang-Undang Kepailitan, hal ini merupakan salah satu upaya yang diambil pemerintah bersama Ditjen AHU untuk menumbuhkan kepercayaan dari Investor yang akan berinvestasi di Indonesia. Kedepannya diharapkan dengan meningkatnya minat investor dari dalam dan luar negeri untuk berinvestasi di Indonesia dapat mendorong pertumbuhan ekonomi,” tutur Cahyo.

Saat ini kita memiliki berbagai sumber daya yang diperlukan untuk terus berkembang, modal yang kita meliki ini harus dikelola dengan baik sehingga memberikan hasil yang optimal bagi bangsa ini, tambahnya.

Cahyo juga mengingatkan para pejabat yang baru dilantik untuk melakukan pengawasan dengan seksama sehingga pelaksanaan tugas notaris sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Saat ini ada 19.380 orang notaris diseluruh wilayah indonesia, saya harapkan Kantor Wilayah bersama Ditjen AHU untuk kembali melakukan update data notaris yang ada sehingga diperoleh data yang aktual mengenai jumlah notaris aktif di seluruh Indonesia,” ucap Cahyo mengakhiri sambutannya.

Bertindak sebagai saksi Sekretaris Ditjend AHU Mohamad Aliamsyah dan Direktur Perdata Ditjend AHU Santun M. Siregar. Selepas kegiatan pelantikan, acara dilanjutkan dengan Rapat Kerja Teknis Pelayanan Hukum Administrasi Hukum Umum.

Dari kegiatan rakernis diharapkan muncul masukan-masukan atas capaian kinerja di tahun 2023 guna meningkatkan  pelayanan AHU di tahun 2024. Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Alex Cosmas Pinem, Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Yulius Manurung, Kepala Subbidang Pelayanan AHU, Surya Darma dan perwakilan staf Kanwil Kemenkumham Sumut. (Sal)

spot_img
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU