Kamis, 19 Mei 2022
spot_img
BerandaInovasiAplikasi Remind Me, Permudah Layanan Keimigrasian Bagi WNA di Jakarta Timur

Aplikasi Remind Me, Permudah Layanan Keimigrasian Bagi WNA di Jakarta Timur

Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Jakarta Timur terus melakukan inovasi layanan guna memberikan kepuasan kepada masyarakat. Terbaru, sebuah aplikasi diluncurkan untuk memudahkan Warga Negara Asing (WNA) yang menetap di wilayah Jakarta Timur dalam mendapatkan layanan keimigrasian. Terobosan tersebut berupa Aplikasi Remind Me.

Kepala Seksi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur, Raden Ajeng Tyas Kristyaningrum mengatakan, aplikasi Remind Me memudahkan WNA untuk mengetahui status layanan izin tinggal dan status keimigrasian.

Lewat aplikasi tersebut, para WNA yang tinggal di wilayah Jakarta Timur diungkapkannya tidak perlu lagi ke kantor imigrasi untuk menanyakan statusnya. Mereka cukup mengunduh Aplikasi Remind Me lewat http://remindme.kanimjaktim.id dan mengakses layanan sesuai kebutuhan mereka.

“Saat inikan permohonan sudah melalui online. Sedangkan untuk pengecekan status belum ada di Imigrasi Jakarta Timur. Untuk itu saya berinovasi membuat aplikasi Remind Me ini,” kata Tyas soal latar belakang Aplikasi Remind Me.

Pembaharuan yang dilakukannya tersebut sejalan dengan motto hidupnya yakni sukses bukan hanya soal pencapaian, melainkan mengubah suatu proses menjadi sebuah antusiasme yang tinggi.
Tidak hanya bagi masyarakat, Aplikasi Remind Me juga membawa kemudahan bagi petugas Kanim Kelas I Jaktim dalam melakukan pelayanan keimigrasian.

Biasanya dulu layanan diberikan via email dan tertulis, namun kini bisa lebih cepat melalui chat WhatsApp. Tyas juga mengaku tengah mengupdate dan mengevaluasi guna menyempurnakan Aplikasi Remind Me agar fungsinya optimal bagi masyarakat.

“Lewat Aplikasi Remind Me, WNA bisa bertanya terkait ijin tinggal. Untuk bahasa ada dua yakni Indonesia dan Inggris. Rencana akan ditambahkan bahasa China. Kami juga sudah mendapatkan testimoni dari Kedutaan Yaman dan Kadiv Imigrasi Kanwil DKI Jakarta, bahwa ini sangat bermanfaat. Aplikasi ini hanya menggunakan barcode dan link,” ujarnya.

Aplikasi Remind Me memiliki lima keunggulan dalam fungsi layanan keimigrasian bagi WNA yaitu : Tracking Passport, Billing Reminder (E-Billing), Pick Up Reminder, Renewal Reminder, Frequently serta Asked Question (FAQ).

Pada Tracking Pasport, WNA dibantu untuk melakukan proses pelacakan permohonan. Pemohon nanti akan diarahkan untuk mengisi nomor permohonan dan nomor paspor pemohon untuk dapat melakukan pelacakan berkas permohonan sudah sampai di tahapan mana;

Khusus untuk fitur Billing Reminder (E-Billing), mampu mengirimkan bukti pengantar pembayaran (E-Billing) PNBP melalui pesan Whatsapp Gateway secara otomatis. WNA cukup memasukkan nomor Whatsapp pada sistem aplikasi ataupun melakukan proses permohonan layanan izin tinggal dan status keimigrasian secara langsung pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur.

Fungsi ketiga yaitu Pick Up Reminder memudahkan WNA untuk mengetahui status Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur. Apabila proses status permohonan pemohon telah sampai ke tahapan selesai dan bukti data mereka akan dikirim lewat email pemohon.

Selanjutnya, mereka dapat melakukan pengambilan berkas asli di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur.

Fitur Renewal Reminder mampu mengirimkan informasi sebagai pengingat (Reminder) kepada pemohon jasa keimigrasian, khususnya bagi pemohon layanan Izin Tinggal dan Status Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur.

Fungsi kelima yaitu Frequently Asked Question (FAQ) dapat memberikan informasi dan menjawab segala bentuk pertanyaan maupun kritik dan saran dari pemohon jasa keimigrasian, khususnya bagi pemohon layanan izin tinggal dan status keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur. Layanan ini beroperasi mulai dari Senin sampai dengan Jumat pukul 08.00 WIB-16.00 WIB.

Lewat semua keunggulan pada Aplikasi Remind Me, Kanim Kelas I TPI Jakarta Timur berharap mampu meningkatkan kualitas kinerja pelayanan publik dan mewujudkan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). (Martinus)

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU